Selasa, 07 Oktober 2014

Raising Financial Savvy Kids..

Satu hal yang membedakan antara kesuksesan dan kegagalan finansial adalah cara mengelola keuangan.
Seperti halnya good manners, mengelola uang adalah sebuah habits. Yuk, kita tambah financial habits biar anak dan ponakan juga cerdas secara finansial.. :)

 
TIPS:
1. Jangan ragu untuk
ngobrol tentang uang sejak anak dan ponakan masih usia kecil (5 tahun). Simple stuff aja, ya seperti kalau dapat angpao Lebaran mau beli mainan apa.

2. Agar anak dan ponakan paham tentang
value of money, usahain untuk selalu membayar dengan cash ketika berbelanja dengan mereka. Proses perpindahan uang secara visual adalah cara efektif agar mereka aware bahwa membeli sesuatu = jumlah uang berkurang.
 
3. Allowance adalah cara agar anak dan ponakan belajar tentang budgeting. Kasih dalam jumlah terbatas, ya. Buat yang SD, ajarin untuk membaginya dalam 3 celengan: Savings, Spending dan Charity. Untuk yang lebih besar, bisa mulai dikenalin dengan tabungan Junior di Bank.

4. Saat menolak membelikan sesuatu, jangan bilang nggak punya uang, ya. Ini bisa bikin anak dan ponakan stress karena berpikir kita miskin. Cara terbaik adalah dengan mendiskusikan tentang konsep wants dan needs.

5. Agar anak dan ponakan belajar tentang tanggung jawab finansial, avoid ngasih tambahan ya kalau allowance nggak cukup. Apalagi pinjaman. Biarkan mereka belajar dari kesalahan yang ada dan sebagai konsekuensinya menunggu untuk mendapatkan yang diinginkan.
 
Let’s keep in mind bahwa hadiah terbesar yang bisa kita berikan pada the young ones adalah  roots of responsibility dan wings of independence..
 
 
 
Happy Planning!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar