Minggu, 19 Juni 2016

Lebaran Sebentar Lagi..

Tidak terasa bulan Ramadhan sudah memasuki minggu ke-3. Minggu ini kita bakal terima THR bersamaan dengan dengan gaji bulan Juni. Uang di rekening jadi berlipat-lipat, deh! Agar kita nggak kebablasan dalam spending it, keep in mind kalau kita butuh gaji bulan ini untuk biaya operasional bulan depan. So, pastikan sumber dana untuk untuk kebutuhan Lebaran berasal dari THR, ya.

  1. Step pertama, pindahkan uang THR dari rekening gaji. Idenya sih agar mudah men-track pengeluaran Lebaran dan tidak tercampur aduk dengan gaji bulan Juni. 
  2. Buat spending plan untuk pengeluaran rutin Lebaran seperti THR ART dan supir, beli kue Lebaran atau mempercantik rumah. Jangan lupa masukan juga budget untuk angpao yang bakal dibagikan ke anak-anak kecil kesayangan. Sebagai referensi pengeluaran pakai saja catatan pengeluaran Lebaran tahun lalu.
  3. Tentukan skala prioritas dari rencana yang udah dibuat. Mulai dari yang paling penting, ya. Katakanlah prioritas Lebaran tahun ini adalah mudik. Berarti kita harus mendahulukan semua pendanaan yang berhubungan dengan mudik seperti biaya perawatan mobil untuk mudik, makan selama di perjalanan dan kampung halaman, biaya rekreasi dan lain-lain.
  4. Sebelum mulai spending money, sisihkan dulu jatah untuk zakat, infaq dan sedekah. Also, kalau minggu lalu sempat minjam dari budget gaji untuk kebutuhan Lebaran, jangan lupa dikembalikan ya. Agar bulan depan kita nggak pusing karena kekurangan biaya operasional.
  5. Buat yang mudik, masukkan juga budget untuk beli travel insurance, ya. Asuransi mudik dibuat untuk melindungi kita dari resiko baik ketika menggunakan kendaraan pribadi (roda 4 atau lebih) maupun transportasi umum i.e pesawat terbang dan kereta. Premi mulai dari Rp 50,000 saja untuk sekeluarga dengan jangka waktu proteksi <30 hari. By the way, rumah sudah ada asuransinya, kan? 
  6. Hindari berhutang untuk memenuhi kebutuhan Lebaran karena ini hanya akan membebani kita sesudahnya. Coba di-review lagi beberapa item terbawah pada list kita: Kebutuhan atau keinginan, ya? Mencari pendapatan tambahan adalah solusi lain yang bisa dilakukan. Ada beberapa kenalan saya yang sukses dengan menjadi penjual kue kering dadakan selama bulan Ramadhan.
Masih ada sisa THR? So proud of you! Saya pribadi akan pakai kelebihan THR untuk beli hewan kurban buat hari raya Idul Adha. Cuman selisih 2bulan dari Lebaran, loh!


Happy planning dan mohon maaf lahir bathin, ya..  :) 
MoneyGeulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar