Jumat, 26 Juni 2015

VRadio 106.6 FM Expert - New Family, New Plan..



My 1-hour slot jadi nggak kerasa thanks to penyiar VRadio Lala Tangkudung and Reymond Levi yang bikin suasana full of laughs.  Kali ini kami sengaja mengambil topik New Family, New Plan karena mengelola keuangan pada saat masih single dan sudah menikah sangatlah berbeda. Contoh termudah adalah dari single expense menjadi double expenses.. 


Q: Apakah perlu untuk membuat rekening bersama or joint account untuk mengatur keuangan rumah tangga?
A: Of course.. setidaknya untuk savings dan expense account, terutama untuk pengeluaran bersama seperti groceries dan kebutuhan rumah (listrik, dll).  Kita melakukan ini biar ada pengontrolan bersama.

Q: Tips menyusun anggaran keuangan keluarga?
A: Yang pasti be realistic. Apa sih sebenarnya kebutuhan mendasar keluarga kita. Hal ini bisa berbeda loh dengan kebutuhan pribadi pas masih single karena perbedaan gaya hidup kita dan pasangan.  

Q: Pos-pos apa aja sih yang harus ada? Tips dong untuk mengelola income..
A: Begitu terima gaji, langsung dialokasikan max 50% untuk biaya hidup, max 30% untuk bayar hutang/cicilan dan asuransi, min 10% untuk saving dan investasi, max 15% untuk lifestyle dan tentunya social. Yang terakhir antara 2-5% dan bisa dipakai untuk membantu sudara yang membutuhkan. 

Q: Ada tips nggak untuk membelanjakan uang dengan benar?
A:  Pastinya harus ada budget dan spending plan karena ini akan kasih kita gambaran tentang kondisi keuangan kita. Basicnya income vs expenses. 
Next one, biasakan pay in cash dengan uang yang ada di dompet. Why? Ini bikin kita lebih terkontrol dalam men-spend uang. Kalau di dompet cuman ada 100rb, ya berarti itu jatah kita for the day.

Q: Apa kunci sukses dalam mengelola keuangan keluarga?
A: Open communication. Mulai deh ngobrol tentang ketakutan, mimpi dan kebiasaan kita dalam menggunakan uang. Tell our partner tentang debt yang kita punya. As we all know, financial seringkali menjadi alasan couple bercerai. So, let's try to avoid it dari awal..


Happy Planning!
Follow me @MoneyGeulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar