Minggu, 23 November 2014

Who's Your Hero?..

It's only natural Ayah-Bunda menjadi orang pertama yang mengajari kita banyak hal. In my case, mereka juga yang membentuk cara saya melihat uang hingga saat ini. Oleh sebab itu, my parents are my hero..


1. Spending - Sejak kecil my mom selalu bilang ketika ingin sesuatu dan ada uangnya, beli aja. Is she teaching me to be a spender? Ya, tapi a good one karena konsep yang sebenarnya beliau ajarkan adalah jangan berhutang. Kalau tidak punya uang ya ditunda dulu dan menabung hingga mencukupi..

2. Savings - Satu kebiasaan baik saya yang masih ada sejak kecil adalah menabung di celengan. A habit yang saya coba turunkan to the little ones. Bagaimanapun peribahasa "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit" memang benar adanya. Dari celengan saja setiap tahunnya saya bisa menukar koin 500-1000 perak hingga Rp 1juta. Ini minimal, loh!
Of course sekarang komposisi savings saya menjadi lebih sophisticated karena ditambah dengan Reksadana.


3. Giving - One thing I admired from my parents adalah kebiasaan mereka berbagi. This habits secara tidak langsung membuat saya mempunyai perspective yang sehat tentang uang. Selain itu, ini adalah salah satu cara untuk eliminate selfishness.

4. Money Management - Ingat pertama kali dapat allowance dari Ayah-Bunda? So happy, ya karena punya uang sendiri. Saya ingat allowance dikasih setiap hari Senin untuk satu minggu. Ini adalah awal saya belajar mengenai money management: punya goal dan belajar displin secara finansial. Cukup nggak cukup harus cukup!
 
So, Anda ingin menjadi Hero bagi siapa?..
 
 
Happy Planning!... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar